penyebab ngiler
Life Style, Pengetahuan

Penyebab Tidur Bisa Ngiler, Kenapa?

Taukah kamu kenapa kadang ada orang yang tidur dan ngiler, salah satunya penyebabnya adalah posisi tidur atau adanya gangguan dalam sistem tubuh orang tersebut, disini saya akan membahasnya semoga bermanfaat.

Kalian tidur suka ngiler nggak ?

Penyebab Tidur Bisa Ngiler, Kenapa?- kalian pastinya  bertanya-tanya kenapa yaa aku selalu ngiler, kenapa yaa aku ketika sehabis tidur selalu ada air yang membekas dari tempat tidurku? Nah meskipun ngiler adalah suatu hal yang selalu dianggap biasa oleh banyak masyarakat, ternyata ngiler nggak boleh diangga sepele loh.

         Di dunia medis mengiler disebut dengan produksi air liur yang berlebihan atau yang sering dikenal dengan istilah sialorrhea yang biasanya  mulai terlihatnya tuh sejak kalian bayi ketika  gigi baru yang mulai tumbuh, namun masalah ini biasanya banyak ditemukan pada anak yang memilki masalah dengan otot serta kondisi behavorial dan masalah neurologis seperti cerebral palsy.

Baca Juga : Manfaat Membaca Buku Yang Wajib Anda Tau

        Kenali penyebabnya yuu, pada dasarnya jumlah air liur itu dipengaruhi oleh suatu kelenjar yang ada pada tubuh, yang dimana jumlah produksi air liur yang ada pada tubuh kalian sedang terjaga jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan ketika kalian dalam kondisi sedang tidur. Pada saat kalian beristirahat diperkirakan laju sekresi air liurnya adalah 0,3 sampai 1 mL/1,7 m²/menit.

Penyebab Tidur Bisa Ngiler

         Ketika kalian terjaga maka kalian tidak akan ngiler karena kalian masih bisa untu menelannya, tapi apabila ketika kondisi tubuh kalian serta otot-otot yang ada di wajah kalian sedang santai maka kelenjar yang memproduksi air liur akan tumpah, keluar melalui mulut karena kalian tidak bisa menelannya.

          Nah jadi ketika kalian tidur dalam posisi terlentang kalian biasanya beresiko kecil untuk mengalami ngiler, namun apabila kalian tidur dengan posisi miring maka beresiko tinggi mengalami tidur ngiler.

          Jika kita lihat dari segi Kesehatan, ternyata kondisi mengiler bisa saja dihubungkan dengan komplikasi yang dianggap ringan hingga sampai berat loh, Prof Dr Melanie S Djamil, drg, MBiomed, dari pakar Kesehatan mulut universitas trisakti, pernah mengatakan “ Ngiler bukan suatu penyakit atau gangguan khusus, tetapi merupakan tanda darii beberapa penyakit. Jika mulutnya terbuka besar, dapat menjadi indikasi adanya gangguan pada saluran pernapasan atas.”

Baca juga : 5 Aplikasi Edit Foto Pro di Android

        Gangguan tersebut diantaranya adalah adanya penyempitan di bagian saluran pernapasan yang tepatnya di bagian atas ( hidung dan tenggorokan ) maupun tumbuhnya daging didalam rongga hidung  (polip)” kata Prof Dr Melanie S Djamil, drg, MBiomed, sebenarnya ada banyak yang dapat memicu ngiler tapi salah satu pemicu nya adalah adanya penyempitan di dalam tubuh kita yakni di bagian saluran pernapasan keadaan ini sering dihubungkan dengan gangguan tidur lain, misalnya saja tidur sambal mengorok, perlu kalian ketahui ternyata Ketika kalian tidur tetapi dengan keadaan kalian nya juga sambil ngorok, tanpa kalian sadari pernapasan bisa berhenti setidaknya 400 kali hanya dalam semalam, yang dimana kondisi ini sering disebut dengan “ sleep apnea “.

     Nah untuk lebih jelasnya , baca penjelasan dibawah ini mengenai penyebab ngiler serta kondisi medis yang bisa menjadi penyebab tidur ngiler :

Alergi

Jika anda memiliki rhinitis ataupun alergi makanan tertentu maka bisa saja loh kondisi tersebut merupakan penyebab dari berlebihannya kondisi air liur, yang tentunya bisa meningkatkan resiko tidur ngiler

GERD ( Gastroesophageal reflux disease )

Penyakit yang satu ini diyakini oleh para peneliti yang bergerak di bidang Kesehatan bahwa penyakit ini bisa menyebabkan refluks asam yang bisa menyebabkan asam lambung untuk merangsang kerongkongan, yang nantinya efeknya ke reflex esophagosalivary akan terlalu sering terangsang sehingga bisa saja menyebabkan produksi berlebihnya air liur.

Gigi dan gusi yang bermasalah

Orang yang memiliki masalah Kesehatan dengan gigi dan gusi biasanya resikonya lebih besar untuk ngiler saat tidur, karena Ketika sakit gigi dan gusi, maka akan lebih sering menarik angin masuk ke mulut, padahal hal ini bisa menyebabkan mulut anda kering nah karena itulah tubuj kita akan mempercepat proses produksi air liur.

Baca Juga : Cara Menggunakan Fitur Voice Typing di Google Voice

Obat-obatan dan bahan kimia

Diketahui ada banyak obat-obatan yang dapat mempengaruhi produksi air liur berlebih, yaitu jenis obat, antidepresian, morfin, obat untuk mengatasi mulut kering (pilocarpine) yang bisa meningkatkan produksi air liur berlebih.

Tidur dengan mulut terbuka

Jika Ketika kalian tidur dengan mulut terbuka maka hal ini bisa menyebabkan berkurangnya kelembapan pada rongga mulut, sehingga mulut akan menjadi lebih kering, dan tentunya akibat kejadian itu kalian beresiko tinggi mengiler Ketika kalian tidur.

Nah sekarang tahu kan penyebah seseorang bisa ngiler saat tidur, semoga artikel ini bermanfaat.

4 Replies to Penyebab Tidur Bisa Ngiler, Kenapa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0Shares
0