Enak, Makanan Khas Kebumen, Bisa Dijadikan Oleh Oleh Khas Kebumen Wajib Coba

oleh oleh khas kebumen

 Makanan khas kebumen, bisa jadi oleh oleh khas kebumen- Berlibur adalah hal yang menyenangkan, bukan. Jalan- jalan menikmati pemandangan indah bersama keluarga tercinta. Apalagi jika kita pergi keluar kota atau luar negeri.

Dan tentu bukan lagi, pasti kita selalu di titipi oleh- oleh oleh teman bahkan keluarga dan tetangga kita, ya masa nggak bawa oleh- oleh ketika kita pulang berlibur pastinya tidak afdolkan. Mungkin kalian sedang berlibur ke suatu kota kebumen misalnya.

Banyak oleh oleh khas kebumen jawa tengah yang disediakan biasanya ada di tempat wisata atau juga di pusat perbelanjaan oleh oleh khas kebumen.

Bagi kalian yang ingin belanja oleh oleh khas kebumen dan belum tau mau beli apa mungkin makanan ini bisa kalian beli sebagai oleh oleh ketika kalian pulang berlibur.

Makanan Khas Kebumen Lanting

lanting makanan khas kebumen

    Ya, makanan satu ini tentu tidak asing lagi apa lagi bagi kalian yang tinggal di daerah jawa tengah, pastinya hampir daerah juga ada lanting. Makanan atau cemilan kebumen yang terbuat dari bahan dasar singkonng yang biasanya di buat menjadi bentuk  bulat.

Namun banyak juga bentuk yang lain misalnya saja bentuk angka 8 atau hanya bulat melingkar saja. Banyak rasa juga ketika kita membeli lanting, biasanya para produksen makanan lanting memberi berbagai rasa. Misal saja rasa original tanpa bumbu, rasa keju, rasa bawang dan lain- lain.

Baca Juga :  10 Virus Komputer Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah

Kalian bisa menjumpai lanting di mana saja. Asal kalian datang saja ke ke kebumen pasti ada bahkan di toko biasa atau warung pasti menyediakan makanan khas kebumen ini, karena memang sering di jadikan cemilan juga oleh masyarakat sekitar.

Yutuk Goreng

makanan kebumen yutuk

    Bukan hal lain lagi kebumen mempunyai banyak wisata seperti pantai seperti menganti, suwuk, karang bolong dll. Tidak heran oleh oleh khas kebumen ini pasti selalu menjadi incaran para traveler. Ya, Yutuk Goreng siapa yang tidak tau di beberapa tempat juga di sebut sebagai undur undur laut karena memang cara berjalannya yang mundur.

Biasanya warga kebumen mengolah yutuk ini dengan cara di goreng atau juga di jadikan peyek/ dembleng ( Bahasa Kebumen). Setelah di goring yutuk akan menarik perhatian karena warna yang memerah setelah di goreng di minyak panas.

Jika kalian berkunjung ke salah satu pantai kebumen jangan sampai tidak mencicipi makanan oleh oleh khas kebumen ini ya.

Gembus

oleh oleh khas kebumen

    Orang kebumen pasti tau makanan ini, gembus jarang di temui ketika hari biasa namun pasti sering kita jumpai ketika ada hajatan atau tontonan seperti wayang, kuda lumping dll. Makanan ini hampir sama dengan lanting namun ukuran dan porsi yang lebih besar.

Bentuk angka delapan tidak keras namun agak kenyal, gembus sangat di rekomendasikan di makan ketika masih hangat karena tekstur yang baru di goreng memberikan sensasi yang  enak. Apalagi jika di temani secangkir kopi.

Baca Juga :  Aplikasi Clone Android Terbaik, Aplikasi Untuk Menggandakan Aplikasi Android

Gembus terbuat dari gilingan singkong dan diperas untuk di buang patinya.

Sate Ambal Makanan Khas Kebumen

makanan khas kebumen sate ambal

    Yang berkunjung ke kebumen wajib mencoba makanan khas daerah ini, yang terletak di dekat pesisir pantai. Sesuai dengan namany sate ambal ini terletak di daerah ambal.

Apa yang membedakan sate ambal dengan sate lainnya adalah terletak pada bumbunya. Bumbu yang khas berwarna kecoklatan dan encer menjadi salah satu penikmat sate ambal ini. Ayam yang di masak menjadi sate ini pun tidak asal ayam namun ayam kampung yang dibakar di bumbui dengan kecap dan gula merah. Sehingga lebih meresap ke dalam dagingnya.

Harga yang di tawarkan pun tergolong murah dan tidak mahal sekitar 15 ribu untuk 1 porsi, cukupah dengan kenikmatan yang di berikan segitu tidak mahal banget.

Gula Merah

gula merah jajanan kebumen

    Bukan makanan namun oleh oleh kebumen ini bisa menjadi pilihan untuk ibu rumah tangga yang ingin menyetok gula untuk keperluan dapur, bahan dapur ini bisa kalian jadikan oleh oleh ketika kalian berlibur kekebumen dan  juga bisa kan untuk tetangga kalian.

Produksi gula jawa paling banyak berada di psisir pantai tentunya, dan kebumen banyak memiliki pantai. Orang tua saya sendiri juga merupakan produksen gula jawa, asli dari pohon kelapa.

Nira gula jawa di ambil setiap pagi lalu di olah di tunggu kayu menjadi gula, gula yang bagus mempunyi warna kemerahan, namun tidak hitam klo warna merah hitam, lengket itu gua yang tidak jadi biasanya orang sini menyebutnya gula gemblung.

Baca Juga :  Cara Download Lagu Dari Youtube Ke Mp3 Tanpa Aplikasi

Jipang

jipang kebumen

    Makanan satu ini sangat digemari anak anak, apalagi yang suka makanan manis dan juga banyak gulanya. Jipang terbuat dari kacang bisa juga beras ketan dan di campur dengan gula jawa. Makan khas kebumen sangat enak klo di makan bersama sama.

Bentuknya yang lengket dan manis tentu menggugah selera. Salah satu makanan khas kebumen jawa tengah yang di senangi anak anak.

Sale Pisang

sale pisang

    Makanan oleh oleh dari kebumen ini cukup banyak di jumpai bahkan banyak yang memproduksi. Dari bahan pisang yang di iris atau dirajang tipis tipis menjadi beberapa bagian dan digoreng di selimuti tepung terigu menjadi makanan yang enak jika di santap rame rame.

Soto Petanahan Makanan Oleh Oleh Khas Kebumen

makanan khas petanahan

    Disisi lain yutuk goreng menjadi primadona pesisir pantai, petanahan juga mempunyai makanan khas  yang bisa di coba atau bisa di jadikan juga oleh oleh khas kebumen.

Soto ayam yang terdiri dari lontong/ ketupat dan juga irisan atau sewiran ayam membuat soto ini semakin menggoda. Apalagi di beri bumbu sotonya yang khas dan kental memiliki rasa rempah yang berasa. Kalian wajib coba.

Itulah beberapa makanan khas kebumen yang bisa di jadikan oleh oleh kebumen, ketika kalian pergi berlibur ke kebumen. Pemandangan yang indah, pantai yang mempersona oleh oleh khas kebumen yang kaya tentu menjadi daya tarik sendiri.

Mari berlibur kekebumen, kebumen beriman, I love kebumen.

4 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like