makanan dan obat obatan yang tidak boleh dikonsumsi
Life Style

Makanan Dan Obat Ini Jangan Dikonsumsi Bersamaan

 Makanan Dan Obat Ini Jangan Dikonsumsi Bersamaan – Ketika kalian sakit biasanya kalian mencoba memeriksakan diri kalian ke rumah sakit agar dapat mendapatkan obat demi kesembuhan kalian, atau kalian memilih obat-obtan warung saja. Jika kalian pergi ke rumah sakit, pasti dokter akan segera melakukan diagnosa agar dokter mengetahui apa yang sebenarnya kalian alami. Setelah itu pasti kalian akan diberikan resep obat dan juga peraturan-peraturan obat yang telah dokter berikan kepada kalian.

                Pastinya dokter akan memberikan nasehat kepada kalian agar kalian tau kapan obat itu harus diminum ataupun sebelum/sesudah makan obat itu harus kalian makan, dalam posisi ini seharusnya kalian memerhatikan dengan jelas atau menanyakan sesuatu jika ada beberapa hal yang  kalian kurang memahaminya, karena biasanya ada beberapa obat yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan beberapa jenis makanan.

Baca Juga : Manfaat Minum Kopi, Ternyata Ada

                Jika kalian memaksakan ataupun tadinya tidak menanyakan hal itu, hal ini pastinya akan berakibat sangat fatal terhadap Kesehatan kalian, jadi kalian harus teliti ya dalam membeli obat dari rumah sakit ataupun obat-obatan yang ada di warung.

                Baca penjelasan dibawah ini mengenai beberapa jenis obat yang tidak boleh dikonsumsi langsung dengan beberapa jenis makanan ;

Obat- Obatan Hipertensi

   Biasanya para dokter selalu memberikan resep obat  untuk jenis penyakit hipertensi nya, antara lain seperti, captopril, ramipril dan enalapril, yang dimana obat-obatan ini digunakana untuk mengobati masalah pada organ ginjal dan juga mencegah gangguan pada jantung, nah anda harus waspada ya Ketika kalian mengkonsumsi obat ini, kalian harus menghindari makanan yang memiliki tinggi akan kandungan potassium.

Karena kadar potassium dalam darah akan segera meningkat Ketika anda mengkonsumsi obat jenis penyakit hipertensi ini, yang dimana hal ini bisa memicu dyspnea dana arrythmia , jenis makanan yang kaya akan potassium adalah, kentang, pisang dan juga sayur bayam.

Obat Pengencer Darah

   Untuk dapat memgatasi masalah Kesehatan adanya penggumpalan darah biasanya dokter memberikan resep obat warfarin, jadi buat kalian yang sedang mengkonsumsi obat-obatan seperti ini, kalian harus menghindari makanan yang mengandung cranberry dan bawang putih, selain itu juga kalian harus mrnghindari makanan yang mengandung bumbu rempah-rempah seperti kunyit, cabe rawit, dan kayu manis.

Baca Juga : Sering Jalan Kaki,Ternyata Ini Manfaatnya

Makanan-makanan dan rempah-rempah yang tadi disebutkan adalah jenis makanan yang sifatmya dapat mengencerkan darah, yang dimana jika kita konsumsi bersamaan dengan warfarin maka akan terjadi perndarahan. Di sisi lain kekuatan obat itu akan berkurang untuk menyembuhkan kalian Ketika bertemu dengan makanan yang tinggi akan vitamin K, seperti kubis, bayam, turnip, dan brokoli.

Obat Pereda Nyeri

   Painkiller atau obat penghilang rasa nyeri seperti ibuprofen atau biasanya juga dikenal dengan advil, provinal, dan genpril yang dimana berbagai jenis obat ini tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan jenis minuman yang manis dan juga minuman yang mengandung soda.

Kenapa tidak boleh ? karena minuman bersoda mengandung karbondioksida dan asam yang efeknya dapat meningkatkan konsentrasi darah dan meningkatkan daya serap obat sehingga kondisi ini bisa menyebabkan overdosis dan meningkatnya resiko racun dalam tubuh kita yang nantinya dapat membahayakan ginjal.

Baca Juga : Cara Hacker Membajak, Akun Medsosmu Hati Hati

Obat Antidepresian

   Nialamide, tranylicypromine, phenelzine (obat antidepresian) biasanya mengandung penghambat enzim monoamine oxidase yang jika nantinya bercampur dengan tyramine dapat meningkatkan kecepatan tekanan darah. Lah kenapa bisa seperti itu? Tyramine adalah asam amino yang terbentuk pada jenis makanan yang tinggi akan protein yang disimpan dalam waktu yang lama seperti keju lama, dendeng, daging atau ikan, sosis kering dan ikan yang dikemas dalam kaleng.

   Nah itu beberapa obat obatan yang tidak boleh di konsumsi bersamaan dan makan berakibat buruk juga ketika kita memaksakan untuk mengkonsumsi secara bersamaan. Alangkah baiknya kita ikuti anjuran dokter juga mengenai penggunaan obat terebut, jangan lupa jaga kesehatan kalian , hal yang paling berharga adalah kesehatan kalo nggak sehat bagaimana kita akan menjalani kehidupan sehari hari.

Rasanya pasti seperti menjadi ironman ketika kita sehat sehat saja. Terima kasih Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0Shares
0