Ciri Ciri Planet Bumi dan Karakteristiknya, Wawasan Dunia

ciri ciri planet bumi dan karakteristik planet bumi

Ciri Ciri Planet Bumi dan Karakteristiknya, Bumi adalah planet ketiga dari matahari. Sejauh ini, Bumi adalah satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh kehidupan. Meskipun Bumi hanya planet terbesar kelima di tata surya kita, itu adalah satu-satunya dunia di tata surya kita yang memiliki air cair di permukaannya.

Ya, hingga 70% permukaan bumi tertutup air. Inilah sebabnya mengapa air merupakan salah satu sumber kehidupan di Bumi.

Nah, yuk simak penjelasan lengkap bangimron.com  tentang ciri ciri planet bumi berikut ini, yuk!

Mengenal Planet Bumi

Bumi terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu. Kehidupan di Bumi dimulai sekitar 3,5 miliar tahun yang lalu.

Lebih dari 70% permukaan bumi adalah air, sisanya adalah benua dan pulau. Kedua kutub bumi tertutup es. Es padat telah ditemukan di Antartika, dan es laut telah ditemukan dalam paket es kutub.

Baca Juga :  Kesejukan Tempat Wisata Taman Jati Karma, Karangmaja Brebes

Interior bumi tetap aktif, dengan inti bagian dalam terdiri dari besi padat, inti luar, cairan yang menghasilkan medan magnet, dan lapisan tebal yang relatif padat di mantel.

Ciri Ciri Planet Bumi

Mengenal planet bumi, dunia yang kita tempati berikut ciri ciri dan karakteristik planet bumi kita.

Struktur Dan Permukaan Bumi

Bumi adalah planet terestrial. Artinya, bumi terbentuk dari material berbatu. Seperti Merkurius, Venus, dan Mars.

Bumi terdiri dari empat lapisan utama, yaitu inti bumi bagian dalam, inti luar bumi, mantel dan kerak bumi.

Diameter Bumi adalah 12.742 kilometer. 70% permukaan bumi ditutupi oleh air.

Atmosfer bumi cukup tebal untuk membuat planet ini tetap hangat sehingga makhluk seperti kita dapat bertahan hidup di atasnya.

Satu-satunya planet di tata surya yang diketahui mendukung kehidupan. Itu karena Bumi memiliki oksigen yang dibutuhkan makhluk hidup.

Pembentukan Bumi

Bumi terbentuk ketika gravitasi menarik gas dan debu yang berputar-putar dari matahari ke planet ketiga. Ini terjadi sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu.

Baca Juga :  Aplikasi Clone Android Terbaik, Aplikasi Untuk Menggandakan Aplikasi Android

Seperti planet terestrial lainnya, Bumi memiliki inti pusat, mantel berbatu, dan kerak padat.

Suhu Bumi

Suhu permukaan bumi meningkat setiap tahun. Menurut data, suhu permukaan bumi akan naik menjadi 1,02 derajat Celcius pada tahun 2020.

Pada tahun 2020, suhu rata-rata di permukaan bumi adalah 15,5 ° – 21 ° Celcius.

Permukaan

Luas total bumi adalah 510,072 juta kilometer persegi, dimana 70,8% adalah perairan dan 29,2% sisanya adalah daratan. Ketinggian permukaan yang ditampilkan adalah campuran pegunungan, gurun, dataran, dan dataran tinggi, sedangkan Filigree memiliki ngarai, dataran tinggi, dan punggung bawah laut, serta dataran dalam yang tidak dapat dijangkau oleh sinar matahari.

Permukaan bumi telah berubah selama bertahun-tahun karena pergerakan lempeng tektonik bawah tanah, yang kekusutan dan tumbukannya telah menciptakan berbagai fenomena relief.

Waktu Rotasi Dan Waktu Revolusi

Bumi memiliki dua macam gerak, yaitu rotasi (perputaran mengelilingi poros bumi) dan revolusi (perputaran mengelilingi matahari).

Baca Juga :  Honda Civic Turbo Performa Kencang dengan Harga Terjangkau

Periode rotasi Bumi adalah 24 jam atau 1 hari, dan dibutuhkan 365,24 hari untuk setiap revolusi Bumi.

Rotasi bumi menyebabkan terjadinya siang dan malam, gerak semu matahari, jet lag, pembelokan angin, dll.Sedangkan revolusi bumi menyebabkan perubahan musim, gerak semu tahunan matahari, perbedaan panjang siang dan malam, dan munculnya rasi bintang yang berbeda.

Atmosfer Bumi

Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti bumi. Atmosfer bumi meliputi troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer.

Stratosfer merupakan lapisan yang paling istimewa karena mengandung lapisan ozon. Lapisan ozon digunakan untuk melindungi bumi dari radiasi ultraviolet.

Nah sekarang sudah tau kan ciri ciri planet bumi, semoga bermanfaat dan bisa menjadi pembelajaran bagi kita umat manusia untuk menjaga bumi.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like